Cara Ukur IC EE Normal Atau Tidak - PS2 Tebal Blank

Nasha Game Tutorial - Cara analisa dan mengukur IC EE di PS2, apakah normal atau tidak, apakah matot atau masih berfungsi. IC Emotion Engine ( IC EE) yang error merupakan salah satu penyebab PS2 blank. Semua PS2 menggunakan IC EE sebagai otak dari semua fungsi sistem operasional.

Banyak orang tidak mengetahui masalah PS2 blank dan langsung memvonis bahwa itu disebabkan oleh IC EE yang error tanpa melakukan analisa lebih dulu sehingga banyak dari mereka gagal dalam usaha perbaikan PS2.

Jadi, tujuan menganalisa dan mengukur IC EE adalah untuk

- Mengetahui penyebab PS2 blank
- Mengetahui berapa out put IC EE
- Memutuskan, apakah IC EE butuh reballing, reflowing, atau menggantinya.

IC EE yang error atau matot, akan menyebabkan

- PS2 blank hitam atau biru
- Semua game menjadi macet di tengah chapter, atau macet saat loading
- Gambar PS2 kotak-kotak
- PS2 macet dan muncul suara mendengung

Cara mengukur tegangan IC EE PS2


Sebelum tutorial ini kami mulai, jika Anda memiliki skema atau diagram PS2 SCPH 3000X, silakan buka halaman 8. Halaman ini khusus membahas datasheet untuk IC Emotion Engine (EE) dan RD RAM. Namun, kami akan fokus di pokok permasalahan IC EE.

Ikuti panduan kami selanjutnya

1. Ukur frekuensi out put 150 Mhz 


Setelah Anda menemukan halaman tersebut, sorot bagian out put IC EE di dua resistor blok 22 ohm, pada datasheet ditulis R974 dan R975. Dua buah resistor ini merupakan kunci utama untuk menentukan apakah IC EE normal atau tidak, matot atau masih bekerja bagus.

Cara Ukur IC EE PS2
Out put IC Emotion Engine PS2

Siapkan alat pengukur besaran frekwensi. Anda bisa menggunakan osiloskop atau digital frekuensi counter.

Sekarang, bongkar PS2 yang blank, ambil motherboard dan persiapkan rangkaian power supply untuk ukur tegangan. Lihat bagian resistor blok antara IC EE dan GS. Anda akan menemukan 2 buah resistor kecil bernilai 22 ohm, di bodi tertulis 220 (lihat gmbr yang dilingkari biru)

Ukur pin in dan out RB220 yang merupakan tegangan out IC EE, apakah ada sinyal 150Mhz atau tidak. Jika tidak ada, berarti ada yang tidak beres pada IC EE. Lakukan langkah selanjutnya

2. Ukur kapasitor 1.5 volt


Sekarang, Anda membalik PCB PS2 dan cari beberapa kapasitor non polar 1 pf di kaki-kaki IC EE. Anda akan menjumpai banyak kapasitor kecil yang semua memiliki tegangan 1.5 volt.

Cara Ukur IC EE Yang Matot
Mengukur Sirkulasi Arus 1.5 volt pada IC Emotion Engine Playstation 2


Gunakan AVO analog untuk mencari kapasitor (C) yang konslet, ganti jika Anda menemukan salah satu dari mereka (motherboard posisi OFF). Jika semua kapasitor normal atau tidak konslet, silakan ambil AVO digital karena kita akan mengukur tegangan 1,5 volt di semua pin out (motherboard posisi ON).

Masukkan input 12 volt power supply ke soket utama, dan ukur tegangan 1.5 volt di semua kapasitor. Sebagai contoh, Anda menemukan salah satu kapasitor yang 0 tegangan, yaitu di C940. Ini bukan berarti IC EE matot, tetapi ada pemicu lain yang menyebabkan IC EE tidak ada arus.

Sekarang, cabut kapasitor C940 lalu ukur bekas timahnya. Jika Anda menemukan 1.5volt, berarti penyebab IC EE matot adalah kapasitor tadi, ganti dengan nilai yang sama.

Jika Anda tidak menemukan arus pada bekas timah tadi, berarti ada penguat arus yang tidak beres. Sekarang, kita menganalisa komponen lain, yaitu IC Clock Generator.

3. Ukur nilai arus 1.5 volt di IC Clock Generator.


Lihat gambar 1 yang kami lingkari warna putih. Cabut IC tersebut dan ukur voltase bekas timah di pin ke 5. Jika setelah dicabut ada arus 1.5volt, berarti sumber penyebab PS2 blank adalah IC clock generator akibat konslet atau matot. Ganti dengan jenis yang sama.

Jika setelah Anda mencabut IC, namun arus tetap tidak ditemukan, berarti kita harus menganalisa sumber arus 1.5 volt di IC swithcing regulator. Mari kita lanjutkan inspeksi ke komponen lain.

4. Periksa IC 5216 swithcing regulator 


Pada datasheet, IC ini diberi kode IC404, silakan Anda merujuk ke halaman 11. Di situ, arus 1.5 volt didapat dari pin ke 28; dan biasanya inilah yang paling sering menyebabkan IC EE tidak menghasilkan frekuensi out put. Lihat gambar 2 yang kami lingkari warna kuning.

Lalu, apakah harus ganti? Bisa iya bisa tidak. Sekarang, cabut IC lalu ukur arus 1.5volt. Jika ada, maka Anda harus mengganti IC ini dengan yang normal.

Itulah sedikit mengenai cara menganalisa, apakah IC EE masih bagus atau tidak. Namun, kadang kita juga butuh rebaling atau reflowing jika semua arus input 1.5 volt ditemukan pada semua komponen, namun kita tidak menemukan frekuensi out put 150 Mhz dari IC EE.

Rebaling adalah sebuah proses mengganti kaki-kaki IC EE, sedangkan reflowing adalah memanasi IC EE dengan tujuan menguatkan kembali, atau mencairkan timah di kaki IC EE agar rekat kembali. Dua langkah ini dikerjakan karena kemungkinan ada timah retak atau putus di salah satu pin kaki IC emotion engine akibat panas tinggi dalam jangka lama.

Baca artikel lanjutannya : cara mengukur IC BIOS

Masih banyak cara untuk mengukur IC EE PS2 dengan cara lain. Pada kali ini, kami hanya memberikan gambaran ringkas saja. Jadi, mengukur apakah normal atau tidak dari setiap komponen PS2 tidak terpancang pada satu cara atau beberapa cara saja. Sebab, setiap komponen elektronika semua saling berhubungan, terutama playstation dimana tingkat kerumitan lebih tinggi. Semoga memberi manfaat.

0 comments